Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT VIITideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Jumat, 21 Mei 2021, 09:06:13 WIB, 302 View Yusran

(Tideng Pale, 21-05-2021) Hari ini Kemenpan (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara) RI telah mengumumkan di website resmi Sinovik, Daftar Inovasi Pelayanan Publik yang lolos seleksi administrasi dari berbagai Unit Pelayanan Publik di seluruh wilayah Indonesia. Seperti diketahui bersama bahwa Kemenpan RI setiap tahunnya mengadakan kompetisi  SINOVIK (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik) yang diikuti berbagai Instansi baik di lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN/BUMD yang melakukan Inovasi Pelayanan Publik.

Inovasi Pelayanan Publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain, inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, melainkan pula mencakup satu pendekatan baru bersifat kontekstual baik berupa inovasi pelayanan publik hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil  pada tahun 2021 ini telah mendaftarkan salah satu Inovasi Layanan Integrasi antara Disdukcapil Tana Tidung dengan KUA yang ada di Kabupaten Tana Tidung, yang diberi nama YANDU BAIS.  YANDU BAIS ini singkatan dari Pelayanan di KUA Bersama Disdukcapil, layanan ini memudahkan warga masyarakat Tana Tidung yang melakukan pencatatan perkawinan di KUA tidak perlu repot lagi mengurus perbaharuan dokumen kependudukan yang disebabkan karena peristiwa perkawinannya di Kantor Dukcapil, karena akan mendapatkan 5 (lima) dokumen kependudukan terbarukan yaitu KK orang tua Suami, KK orang tua Istri, KK baru Suami-Istri dan KTPel Suami-Istri pada saat menerima buku nikah dari petugas di KUA.

"Sebagai informasi bahwa Inovasi Layanan Yandu Bais ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dengan project percontohan di KUA Kecamatan Sesayap dan baru tahun ini didaftarkan untuk mengikuti Kompetisi SINOVIK (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik). Kami berharap dukungan doa dari masyarakat Kabupaten Tana Tidung agar inovasi layanan YANDU BAIS ini bisa masuk di level lebih tinggi di kompetisi tersebut", demikian disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Tana Tidung, Bapak Asnol, S.Pd., MM.

*Dukcapil_KTT








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2021