Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT. 07 Kompleks RSUDTideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Jumat, 16 Agu 2019, 08:18:00 WIB, 277 View Administrator

Tideng Pale (15/08/2019) Pemerintah Kabupaten Tana Tidung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bekerja sama dengan Pengadilan Agama Tanjung Selor dan Kementrian Agama Kabupaten Tana Tidung menyelenggarakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu Pelayanan Pencatatan Perkawinan di Masjid Agung At-Taqwa Tana Tidung. Kamis, 15 Agustus 2019.

Kepala Disdukcapil Tana Tidung, Bapak Asnol, S.Pd,. MM menyampaikan bahwa ada 123 pasangan terdaftar mengikuti acara sidang Itsbat Nikah untuk mendapatkan putusan pengesahan pernikahan oleh Pengadilan Agama, setelah penetapan pengesahan pernikahan, maka pihak Kemenag dalam hal ini Kantor Urusan Agama melakukan penginputan guna keperluan penerbitan buku nikah, lalu selanjutnya Disdukcapil menerbitkan Kartu Keluarga, KTP-el dan Akta Kelahiran, ungkapnya.
Acara tersebut dibuka oleh Asisten I Bapak Sugeng Haryono, S.Sos mewakili Bupati Tana Tidung. Dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tana Tidung Bapak Said Mahfud dan Bapak Erwin Indra Kusuma, S.HI., M.H dari Pengadilan Agama Tanjung Selor serta dihadiri oleh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Erwin Indra Kusuma, S.HI., M.H menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi rasio terjadinya nikah dibawah tangan tanpa kepastian hukum. Dengan tercatatnya pernikahan oleh Negara maka akan memberikan kepastian hukum terkait dengan hak-hak suami/istri, kemaslahatan anak maupun efek lain dari perkawinan itu sendiri.  








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2020