Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT VIITideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Senin, 27 Des 2021, 10:01:32 WIB, 167 View Yusran

Data adalah sekumpulan informasi atau keterangan-keterangan yang diperoleh dari pengamatan atau sumber tertentu. Sedangkan data kependudukan adalah data perseorangan atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Setiap penduduk memiliki masing-masing data kependudukan yang terdiri dari 31 elemen data. Elemen data tersebut antara lain : Nomor KK, NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal/Bulan/Tahun lahir, Golongan darah, Agama/Kepercayaan, Status Perkawinan, Status Hubungan Keluarga, Pendidikan Terakhir, Jenis Pekerjaan, Alamat dan lain sebagainya.

Selama ini, masyarakat yang datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kebanyakan hanya ingin membuat KTP-el atau Akta Kelahiran. Namun, yang belum banyak diketahui masyarakat adalah data kependudukan adalah sifatnya dinamis dan terus berkembang. Data kependudukan tidak hanya dibuat jika ada terjadi peristiwa penting seperti kelahiran, kematian, perkawinan ataupun perceraian. Data kependudukan juga harus dilakukan update secara berkala disetiap perubahan yang ada seperti perubahan pendidikan ketika seseorang lulus SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi. Jika ada perubahan alamat seperti perubahan RT/RW. Update data golongan darah, update pekerjaan atau profesi. Dan update data lainnya yang harus dilakukan secara berkala.

Data kependudukan yang update sangat penting baik untuk kepentingan pribadi seperti lebih memudahkan ketika melamar pekerjaan jika data pendidikan sudah terupdate di Kartu Keluarga atau data golongan darah yang dapat digunakan saat pertolongan pertama untuk kecelakaan juga banyak kondisi lainnya. Selain itu, dengan terupdatenya data kependudukan, dapat digunakan pemerintah untuk menyusun banyak kebijakan yang menyangkut pembangunan dan pemerataan. Misalnya saja dengan updatenya data kependudukan disuatu wilayah Kelurahan/Kecamatan, pemerintah dapat memetakan berapa banyak jumlah anak sekolah di daerah tersebut dan menjadi dasar untuk penambahan ruang kelas sekolah atau bahkan pembangunan sekolah baru.

Atas pertimbangan tersebut diatas maka Disdukcapil Tana Tidung, insya Allah akan kembali melakukan kegiatan pemutakhiran data kependudukan pada tahun 2022, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Tana Tidung pada kegiatan apel pagi  di lingkungan kantor Dinas Dukcapil Tana Tidung. Alhamdulillah kegiatan pemutakhiran tersebut sudah disetujui oleh DPRD untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2022, ucap Bapak Asnol pada kesempatan tersebut.

*Dukcapil_KTT








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2022