Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT. 07 Kompleks RSUDTideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Rabu, 24 Jul 2019, 13:51:14 WIB, 232 View Administrator

Tideng Pale (24/07/2019). Dalam rangka meningkatkan cakupan kepemilikan Buku Nikah/Akta Perkawinan penduduk Tana Tidung, maka Dinas  Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung bekerja sama dengan Pengadilan Agama Tanjung Selor dan Kementerian Agama Kabupaten Tana Tidung menyelenggarakan Pelayanan Pencatatan Perkawinan melalui kegiatan Itsbat Nikah Massal.

Itsbat Nikah ini merupakan bagian dari upaya Disdukcapil Tana Tidung meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Perkawinan masyarakat Tana Tidung, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kepastian hukum kepada status perkawinan yang tidak tercatat di KUA atau memberikan pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam namun belum tercatat oleh negara dalam hal ini KUA. Demikian diterangkan oleh Bapak Romi Okma Irawan, Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Tana Tidung.

“Hari ini masih dalam tahap verifikasi berkas pengajuan permohonan Itsbat Nikah yang dilakukan oleh petugas dari Pengadilan Agama Tanjung Selor. Dari hasil penerimaan berkas selama beberapa hari yang lalu  tercatat ada 113 pasangan suami istri yang mengajukan permohonan”, Sambung Bapak Romi Okma Irawan.

“113 pasangan tersebut apabila lulus verfikasi berkas oleh petugas Pengadilan Agama, maka akan diikutkan pada kegiatan Sidang Itsbat Nikah yang akan dilaksanakan secara massal pada hari Kamis, tanggal 15 Agustus 2019 di Gedung Pendopo Djaparuddin yang insya Allah jika tidak ada halangan akan dibuka oleh Bapak Bupati Tana Tidung”, Demikian dijelaskan lebih lanjut Bapak Romi Okma Irawan.








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2020