Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT VIITideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Senin, 30 Mei 2022, 07:25:40 WIB, 79 View Yusran

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tana Tidung akan mengujicobakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat dari sebelumnya SIAK Terdistribusi. Hal itu agar data dan layanan urusan administrasi kependudukan ke depan lebih baik lagi.
Dengan adanya SIAK Terpusat, maka daerah tidak perlu lagi mengkonsolidasikan data adminduk ke pusat seperti yang selama ini terjadi pada SIAK Terdistribusi sehingga data dukcapil yang baru diinput di daerah akan realtime masuk datanya di server Dukcapil di Jakarta.
Dengan realtimenya data masuk ke server Dukcapil di Jakarta, maka diharapkan tidak ada lagi laporan dari warga masyarakat bahwa datanya tidak ditemukan ketika mendapatkan pelayanan publik diberbagai lembaga/instansi yang telah melakukan PKS pemanfaatan data dukcapil sebagai basis data pelayanan.

"Untuk pelaksanaan koordinasi SIAK Terpusat ini sejak Januari - Mei 2022, yang diawali dengan proses cut off transaksi data SIAK Terdistribusi ke SIAK Terpusat pada 19 Mei 2022. Sehingga layanan adminduk di Tana Tidung pada tanggal 20 Mei 2022 hanya melayanai penerimaan berkas permohonan tanpa ada input data dan cetak dokumen ". Demikian disampaikan oleh H. Nurzain, Kepala Dinas Dukcapil Tana Tidung. H. Nurzain mengungkapkan bahwa "Tana Tidung beserta 4 kabupaten lain yang ada di Kaltara terpilih untuk menerapkan SIAK Terpusat yang mana menjadi target dari Bapak Dirjen Dukcapil Kemendagri pada acara Rakornas Di Bali bahwa tahun ini semua kab/Kota di Indonesia sudah harus menerapkan SIAK Terpusat".
"Dengan diterapkannya SIAK Terpusat maka mudah-mudahan program selanjutnya dari Ditjen Dukcapil Kemendagri RI yaitu penerapan Identitas Digital atau Digital ID bisa segera menyusul sehingga apa yang kita harapkan  pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Genggaman ( Public Service In Your Palm ) semakin optimal di Tana Tidung" ujar H. Nurzain.








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2022