Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Tana Tidung

Jl. Perintis RT VIITideng Pale Kab. Tana Tidung

admin@disdukcapil.tanatidungkab.go.idcapilktt@gmail.com


Kamis, 17 Feb 2022, 08:36:35 WIB, 137 View Yusran

Disdukcapil.tanatidungkab.go.id - Setelah terhenti tahun 2020 akibat pandemi, akhir tahun 2021, Ombudsman RI kembali merilis hasil Penilaian Kepatuhan Pemerintah Daerah terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik, sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penyerahan hasil penilaian disampaikan langsung oleh Plt. Ketua Ombudsman Perwakilan Kalimantan Utara Bapak Syahruddin pada hari Senin, tanggal 7 Februari 2022 di Gedung Pendopo Djafaruddin Tideng Pale.

Hasil penilaian disebut juga dengan rapor pelayanan publik, karena memang hasil penilaian di zonasi (labeling), hijau, kuning dan merah. Rapor merah, pretensinya tentu jelek atau tinggal kelas, rapor kuning sedang, dan rapor hijau naik kelas.

Ada yang berbeda tahun ini, semua provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia dinilai. Demikian juga, semua daerah di Kalimantan Utara kembali dinilai, demikian disampaikan oleh Syahruddin.

Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) apresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tana Tidung yang raih nilai sempurna se-nasional atas predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik (KTSP). Plt Kepala Ombudsman RI perwakilan Kaltara, Syahruddin merasa bangga, ada salah satu organisasi perangkat daerah atau OPD di daerah perbatasan yang bisa raih nilai sempurna tingkat nasional.

OPD yang mendapat nilai 100 itu hanya Disdukcapil Tana Tidung. Bukan hanya se-Kaltara, tapi nasional," ujarnya kepada disdukcapil.tanatidungkab.go.id. Adapun yang menjadi penilaiannya, yakni berdasarkan produk layanan yang ada disetiap OPD. "Nah untuk Disdukcapil KTT sendiri, Alhamdulillah memang di elektroniknya pun semua terpenuhi. Makanya bisa meraih nilai sempurna," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ibrahim Ali menyampaikan rasa terimakasih yang setinggi – tingginya kepada Ombudsman Kaltara atas apresiasinya dalam penganugerahan kepatuhan standar pelayanan publik untuk Disdukcapil Tana Tidung. namun menurut saya ini merupakan tantangan untuk Disdukcapil Tana Tidung kedepannya, agar lebih bekerja keras lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, kata Ibrahim Ali.

Bupati menekankan untuk terus berinovasi dalam upaya peningkatan pelayanan publik. “Kerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat menjadi tugas penting kita bersama, dari penghargaan yang sudah diberikan kali ini, saya berharap tahun depan Disdukcapil Tana Tidung dapat mempertahankan penghargaan ini,” harap Bupati.
* Disdukcapil_KTT








Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung ©2022